Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 13 Juli 2012

Letak Geografis Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan di sebelah timur daratan Asia yang membentang dari Utara ke Selatan. Dikelilingi laut dan samudra yaitu oleh Laut Jepang dan Laut cina di sebelah barat, Laut Okhotks di sebelah utara, serta Samudra Pasifik di sebelah timur dan selatan. Selain itu Jepang bertetangga dengan beberapa negara seperti Tiongkok dan Korea di sebelah barat, Taiwan dan Philipina di sebelah selatan, Benua Amerika di sebelah Timur, serta Uni Soviet di sebelah Utara.

Luas kepulauan jepang kurang lebih 370.000 km2 (seperlima luas Indonesia). Terdiri dari beberapa pulau besar seperti Hokkaido, Honshu, dan Shikoku serta kurang lebih 3000 pulau kecil lainnya.
Peta Jepang 1
Panjang dari Pulau Hokkaido sampai dengan Kepulauan Okinawa (dari utara ke selatan) kurang lebih 3000 km. Terbagi atas 9 daerah yang memiliki bahasa daerah yang berbeda (baik logat ataupun ucapan) yaitu Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku, Kyushu dan Okinawa.

Susunan pemerintahan terdiri atas daerah – daerah pemerintahan yang di sebut TO – DO – FU – KEN. TO untuk daerah pemerintahan Tokyo sebagai ibu kota negara Jepang. DO untuk daerah pemerintahan Hokkaido. FU ntuk daerah pemerintahan wilayah Osaka (Osaka Fu) dan Kyoto (Kyoto Fu). Dan KEN (prefecture). Jepang terdiri dari 49 perfecture yaitu:
  1. Daerah Tohoku terdiri atas 6 prefecture yaitu Aomori ken, Akita ken, Iwate ken, Yamagata ken, Miyagi ken, Fikushima ken.
  2.  Daerah Kanto terdiri atas 6 prefecture yaitu Kanagawa ken, Tochigi ken, Gunama ken, Ibaraki ken, Chiba ken, Saitama ken.
  3. Daerah Chubu terdiri atas 9 prefecture yaitu Ishikawa ken, Toyama ken, Fukui ken, Gifu ken, Yamanashi ken, Shizouka ken, Kochi ken, Niigata ken, Nagano ken.
  4. Daerah Kinki selain Osaka dan Kyoto terdiri atas 5 prefecture yaitu Shiga ken, Mie ken, Nara ken, Wakayama ken, Hyogo ken.
  5. Daerah Chugoku terdiri atas 5 prefecture yaitu Tottori ken, Shimane ken, Yamaguchi ken, Hiroshima ken, Okayama ken.
  6. Daerah Shikoku terdiri atas 4 prefecture yaitu tokushima ken, Koochi ken, Kogawa ken, Ehime ken.
  7. Daerah Kyushu terdiri atas 7 prefecture yaitu Fukuoka ken, Nagasaki ken, Ooita ken, Kumamoto ken, Miyazaki ken, Kagoshima ken, Saga ken.
  8. Daerah Okinawa yaitu Okinawa ken.
  9. Daerah Hokkaido tidak mempergunakan sistem ken. Daerah pemerintahan Hokkaido mempunyai luas kurang lebih 37 kali luas Tokyo.

Tidak ada komentar:

Pages - Menu

 

Blogger news

Blogroll